Sabtu, 26 Januari 2013

Bagaimana Mengurus Visa Schengen Eropa

Nah teman teman yang ingin berangkat ke Eropa penting banget untuk memiliki VISA SCHENGEN ini selain paspor tentunya.. Dengan memiliki Visa ini kita bisa ke 25 negara negara Eropa tanpa perlu memiliki 1 jenis visa untuk masuk ke tiap negara. 

25 negara yang dapat anda masuki ketika memiliki visa ini adalah : Austria,  Belgium, Czech Republic, Denmark, Estonia, Finland, France, Germany, Greece, Hungary, Iceland, Italy, Latvia, Lithuania, Luxembourg, Malta, Netherlands, Norway, Poland, Portugal, Slovakia, Slovenia, Spain, Sweden, Switzerlan.
Biasanya stamp dilakukan di imigrasi bandara saat tiba dan pulang, hanya beberapa negara saja yang mngecek paspor dan visa anda.


Teman teman bisa mengurus Visa Schengen ini ke kedubes Belanda. Biayanya hanya 60 Euro atau kurang dari 1 juta rupiah. Biasanya kalau mengurus ke travel anda akan dikenakan biaya cukup mahal padahal mereka hanya mengantarkan saja.

Cara pengurusan VISA SCHENGEN :

(1.)Download aplikasi di 
(2.)  Anda bisa juga mengambil formulir GRATIS di kedubes Belanda di Jakarta atau di Konsulat di Medan, Surabaya, Makasar, Bali
Kantor Kedubes Belanda di Jakarta :
Jl HR Rasuna Said Kav S-3Kuningan - Jakarta Selatan 12950, Telp 021-5248200

Apa saja yang perlu anda bawa ke Kedubesatau Konsulat :

1. Paspor asli & Fotokopi
2. Fotokopi : KTP
3. Pas Photo berwarna berukuran 3,5 x 4,5 cm dengan latarbelakang putih
4. Formulir aplikasi visa Schengen yang sudah diisi lengkap
5. Foto kopi KK
6. Invitation Letter dari pengundang
7.Bila tidak ada Invitation, lampirkan reservasi hotel selama  di sana. 2 minggu di sana, lampirkan semua hotel yang akan anda inapi.
8. Reservasi tiket pesawat.
9. Surat keterangan kerja dari kantor
10. Asuransi perjalanan.
11. Foto kopi kopi saldo tabungan anda/pengundang. berapa besar tabungan, Kedubes Belanda meminta anda menyiapkan dana Euro 35/hari. Jadi kalo mau ke Eropa 10 hari, siapkan saldo tabungan Euro 350 = Rp 4,2 juta. Namun itu aturan di atas kertas. Praktiknya: Siapkan saja dana secukupnya di saldo tabungan anda. Misal mau ke Eropa 2 minggu, siapkan saldo tabungan minimum Rp 20-25 juta. siapkan saldo tabungan 3 bulan terakhir saja dan harus jelas di sana aliran uang masuk dan keluar. Jangan "ujug-ujug" atau tiba-tiba ada uang masuk Rp 20 juta, 50 juta misalnya, karena akan dianggap itu DANA PINJAMAN. Jadi atur saldo 3 bulan terakhir/menjelang pengajuan permohonan visa.
12. Setelah berkas diperiksa lengkap oleh petugas di Kedubes Belanda, maka anda akan diminta membayar biaya visa Euro 60.


7 komentar:

yoga mengatakan...

infonya bermanfaat bgt. makasih bnyak tante

Maya mengatakan...

Nice info banget mb, pengen jalan2 ke Europe, asyik tuh 25 negara sekaligus visanya, thanks ya mb infonya

ahmad mengatakan...

Info menarik neh,,
kapan loq mo holiday ke luar negri ini sangat membantu,,
thanks,

ahmad godo

Alea mengatakan...

Waah... Kapan ya tan aku bisa punya Visa...hiks hiks.

Sweethy Amore mengatakan...

Keren nih bisa punya Visa..aku suatu hari pingin punya biar bisa ke luar negeri

Maya mengatakan...

mb, kalo udah buat visa utk 25 negara itu, trus pengen ke negara lain selain yg 25 itu padahal kita udah di eropa, gmn tuh mb..

Nesthy Naura Athaya mengatakan...

Semoga suatu saat nanti aku bisa ke LN juga, asikk pastinya ya